PERLUNYA PELAJARAN ANTI KORUPSI DI SEKOLAH DASAR

Ada wacana untuk memasukkan mata pelajaran anti korupsi di sekolah. Tentu saya sangat mendukung rencana tersebut. Karena dengan sedini mungkin kita menyajikan pelajaran tentang anti korupsi kepada anak didik kita, tentu hasilnya juga akan semakin baik di masa mendatang.

Kita semua tentu sudah sangat muak melihat tindak korupsi negeri kita saat ini. Hampir setiap hari di setiap pemberitaan media massa selalu saja muncul kasus-kasus korupsi. Seolah korupsi sudah mendarah daging dan membudaya di dalam setiap relung kehidupan kita.

Mengapa korupsi bisa begitu merajalelanya di negeri kita? Mungkin karena dimulai dari korupsi yang bersifat kecil-kecilan dan tidak terasa, kemudian dipermaklumkan. Tidak adanya sanksi yang berat bagi koruptor dan akhirnya tanpa terasa semakin menggelembung dan merayapi di sekitar kehidupan kita tanpa kita sadari. Pada akhirnya akan menjadi gaya hidup. Kalau tidak korupsi takut tidak akan bisa hidup mewah. Dan akhirnya merasa malu kalau gaya hidupnya biasa-biasa saja alias tidak bisa tampil keren seperti orang lain. Woooww?

Mari sekarang kita ambil contoh sederhananya suatu misal kita mempermaklumkan anak didik kita menyontek waktu ulangan. Kelihatannya memang sepele, tetapi pada hakikatnya menyontek itu adalah merupakan awal perilaku tidak jujur alias belajar korupsi. Bila kita tegas terhadap anak didik yang menyontek dengan memberikan sanksi yang berat katakanlah sampai tidak lulus, pasti tindakan menyontek itu akan menjadi sesuatu yang menakutkan.

Nah, dengan adanya wacana memasukkan pelajaran anti korupsi kepada anak didik kita sejak duduk di bangku Sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi diharapkan mereka akan memiliki wawasan yang benar bahwa tindakan korup itu adalah tindakan tercela di mata Tuhan dan di mata masyarakat. Kemudian untuk mendukung kurikulum tersebut, tentunya harus dibarengi dengan pemberantasan korupsi di semua lapisan masyarakat dengan penerapan sanksi yang sangat berat. Saya yakin tanpa sanksi yang berat niscaya para koruptor tidak akan jera dan takut.

Semoga tulisan pendek ini menggugah kesadaran kita semua bahwa tindakan korupsi adalah tindakan tercela dunia – akhirat, sehingga kita semua mampu menghidari dari hal-hal kecil yang menjurus pada tindakan korupsi.

 

~ oleh sdn2cangkoakdukupuntang pada Desember 13, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: