SEJARAH PASKIBRA

Paskibraka, dalam pandangan brigadista selalu membawa kesan tersendiri, bukan hanya karena brigadista pernah menjadi anggota Paskibraka, dan juga paskibra atau karena sering melihat video paskibra yang menampilkan paskibra indonesia beraksi dalam lomba paskibra yang sering diadakan oleh paskibra sekolah baik tingkat Paskibra SMP maupun SMA. Tapi memang karena selalu ada yang menarik dalam setiap kegiatan paskibra. Pembaca mungkin ada yang bingung mengapa brigadista menyebutkan Paskibraka dan paskibra, itu memang brigadista sengaja karena sejarah paskibra dan perkembangannya memang berbeda dengan sejarah Paskibraka. walau tidak dipungkiri bahwa bermunculannya Paskibra tak terlepas dari keberadaan Paskibraka itu sendiri.

Lho, jadi berbeda ya Paskibra dengan Paskibraka? berarti Paskibraka Nasional tidak bisa dibilang Paskibra Nasional? Jawabannya adalah ya, berbeda dan memang Banyak orang yang tidak tahu bahwa Paskibra Indonesia dengan Paskibraka berbeda. Setidaknya secara prinsip sama, tetapi secara organisasi berbeda, termasuk juga lambang paskibra dan paskibraka pun berbeda, contoh perbedaannya adalah:

1. Paskibra mengibarkan bendera Sang Merah Putih, Paskibraka mengibarkan Bendera Pusaka (dalam hal ini digantikan dengan bendera Duplikat Pusaka) jadi secara makna bisa dikatakan secara makna bahwa seorang anggota paskibraka adalah anggota paskibra, tapi anggota Paskibra belum tentu seorang paskibraka.
2. Paskibra terbentuk dari keinginan pribadi melalui kegiatan ekstrakurikuler disekolah, Paskibraka dibentuk melalui seleksi dari mulai seleksi Paskibraka tingkat kabupaten, seleksi tingkat Provinsi hingga sampai menjadi Paskibraka Nasional
3. Keanggotaan paskibra adalah seumur hidup, sementara anggota Paskibraka hanya dari mulai dikukuhkan (15 agustus/16 agustus sampai dengan dilantik menjadi anggota Purna Paskibraka Indonesia (17 Agustus malam setelah penurunan)

Apapun itu, Baik Paskibra Indonesia maupun Paskibraka, selalu diharapkan agar menjadi generasi teladan bagi yang lainnya. Menjadi contoh dan menjadi generasi yang terbaik.

Sedikit menyimpang dari tema di atas, iika mencermati tentang perkembangan paskibra di berbagai wilayah, terutama lewat seringnya diadakan lomba paskibra, tampil dengan gagah, atribut, lambang paskibra dan segala macamnya kreativitas yang dituangkan dalam variasi dan formasi paskibra. Semua ini merupakan perkembangan yang sangat bagus dimana anak-anak remaja dan anak muda saat ini lebih suka nongkrong di cafe, mall , atau bergalau galau ria di facebook dan twitter, mereka masih mau meluangkan waktunya untuk membina diri mengikuti kegiatan yang bisa dibilang membutuhkan mental dan fisik yang luar biasa. Perkembangan yang seharusnya lebih mendapat perhatian mendalam dari pemerintah. Setidaknya, melalui kegiatan Paskibra dan Paskibraka, tercipta generasi yang mencintai bangsanya.

Semoga Paskibra Indonesia makin maju dan senantiasa menghasilkan generasi penerus terbaik bagi bumi Indonesia ini.

 

LAMBANG DAN SERAGAM PASKIBRA

paskibra 1 paskibra 2 paskibra 3paskibra 4

 

POSTING BY EKO AGUSTIAN 11.30

~ oleh sdn2cangkoakdukupuntang pada Desember 16, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: