1. Penguatan kesehatan masyarakat serta arah strategis kesehatan kedepan.

–          Penguatan pendidikan preventif serta promotif ditingkat public

–          System pendistribusian wahana kesehatan keranah lokal

  1. Pengembangan kerjasama kemasyarakatan dan telaah sektoral sehat.

–          Strategi kerjasama masyarakat lintas sektoral

–          Pola pengembangan sosial yang berlangsung dalam kehidupan masyarakat

  1. Desain aplikatif structural-fungsional menuju Indonesia sehat

–          Telaah system kesehatan nasional

–          Strategi-strategi kedepan ditengah tantangan global-lokal menuju Indonesia sehat yang bermartabat

Kehidupan berbangsa dan bernegara dimana kesehatan merupakan unsur utama dalam perikehidupan manusia membawa bentuk dan fungsi tersendiri dalam konstruk tatanan sosial serta tatanan pembangunan kenegaraan. Sehat berdasarkan definisi WHO(1947) mengarah kepada 3 hal yakni fisik, mental dan social sehingga upaya peningkatan kesehatan sebaiknya mengarah kepada 3 hal tersebut. Kehidupan dan penyakit tidak akan terpisahkan meskipun zaman,waktu serta tekhnologi terus berkembang. Sejak awal kehidupan manusia dimana proses interaksi dengan lingkungan dan agen penyakit membawa bentukan sehat dan sakit. Proses interaksi yang dibangun dalam perikehidupan kesehatan harus mampu memahami serta mengembangkan pembangunan berdasarkan aspek sehat. Menuju bangsa yang sehat selama beberapa tahun jargon tersebut masih terngiang didalam pemikiran kita sedangkan model pengembangan kemasyaraktan dalam system kemasyarakatan jarang kita secara detail.  Dalam analisis mengenai pembentukan system kesehatan yang stabil dan kokoh maka menurut langlie(1977) pengaruh status social, locus of control, sikap terhadap penyediaan pelayanan kesehatan, serta derajat kosmopolitanisme. Pengaruh keragaman nilai kebudayaan yang berkembang di Indonesia seharusnya mampu dikombinasi dengan konsep kesehatan sehingga factor determinasi social dan jaringan social mampu menyokong sector kesehatan.

Variable kepercayaan kesehatan akan semakin mantap juga harus menilik ulang factor-faktor sosiodemografi,politik,ekonomi, pendidikan,serta hokum yang berkembang. Kepercayaan kesehatan pada masyarakat saat ini harus menjadi titik arah utama. J.Young(1980) mengemukakan bahwa dalam pengambilan keputusan tentang pengobatan memperhatikan 4 unsur yakni daya tarik (gravity), home remedy, kepercayaan dan kemudahan. Daya tarik memberikan gambaran bahwa masyarakat akan semakin banyak datang berbondong kerumah sakit jika jumlah penyakit semakin banyak ataupun semakin parah kondisi penyakit. Konsepsi young kalau kita pilah sebenarnya baru memberikan arah kepada pelayanan klinis tetapi kalau kita determinasikan keranah kesehatan masyarakat maka daya tarik terkait dengan seberapa besar masyarakat tertarik untuk melakukan program kegiatan yang ada dimasyarakat. Selain itu daya tarik juga dikaitkan dengan inovasi yang dibangun bersama untuk membentuk bangunan sehat. Unsure yang kedua mengenai home remedy yakni pengetahuan mengenai penyembuhan popular, tingkat pengetahuan masyarakat harus ditambah dengan menggunakan metodologis pendidikan praktis dengan sedikit stimulasi. Sehingga diharapkan dari itu masyarakat akan mampu melaksanakan apa yang bisa dilakukan saat menemukan kasus kesakitan. Kepercayaan merupakan unsure ketiga yang memegang peranan penting dalam kehidupan sehat. Elemen-elemen masyarakat, tenaga professional medis,paramedic serta pemerintah haruslah mampu bekerja sama dengan baik. Unsure terakhir yang mempunyai pengaruh cukup besar adalah kemudahan, unsure ini menitik beratkan kepada biaya dan fasilitas. Pembiayaan yang mahal serta akses fasilitas yang buruk juga akan mempengaruhi nilai kesehatan tersebut. Model pengembangan kepercayaan kesehatan merupakan metode pendekatan yakni kata sehat.

Ada beberapa program dalam telaah membentuk Indonesia sehat, sebagaimana berdasarkan anlisis Depkes(2003) yakni:(1) lingkungan sehat, perilaku sehat dan pemberdayaan masyarakat,(2) upaya kesehatan,(3) perbaikan gizi masyarakat,(4)sumber daya kesehatan,(5)obat, makanan dan bahan berbahaya, serta(6)kebijakan dan manajemen pembangunan kesehatan. Enam program besar dengan pengikut sertaan seluruh lapis masyarakat serta kebijakan sektoral lain tidaklah muluk kalau Indonesia bakal mencapai kata sehat. Tujuan yang ingin dicapai pemerintah untuk menuju Indonesia sehat 2010 yaitu;

  1. Tersedianya sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang berkualitas, terjangkau masyarakat(tempat dan pembiayaan), serta berfungsi secara efektif dan efisien(kuratif dan rehabilitative).
  2. Terbentuknya kemandirian masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap masalah kesehatan(baik untuk dirinya, keluarga, maupun masyarakat di sekitarnya) serta ikut berperan aktif bersama petugas kesehatan diwilayahnya dalam rangka mencegah timbulnya penyakit(promotif dan preventif)
  3. Mampu menggalang dukungan dari berbagai pihak(terutama pemerintah daerah) dalam hal penyediaan anggaran maupun penerbitan Perda kesehatan.

Program-program yang ditata sedemikian rapinya masih mendapat kritik dari kanan-kiri terhadap peran masyarakat serta eksponen diluar pemerintah. Isu-isu yang berkembang didunia kesehatan juga diperkirakan merupakan batu pengganjal terbentuknya Indonesia sehat. Maneuver-manuver apa yang sebaiknya dilakukan untuk membentuk kesehatan yang berbasis pendayagunaan elemen-elemen tersebut diatas merupakan hal yang sangat menarik untuk didiskusikan lebih lanjut. Sehat merupakan harapan hidup, meskipun sehat tak akan berdiri sendiri tanpa sakit.

Sumber : http://koorkomums.wordpress.com/%E2%80%9Cmenuju-indonesia-sehat%E2%80%9D-mewujudkan-progresifitas-dan-stabilitas-kiprah-bangsa-menuju-indonesia-sehat/

Posting By Eko Agustian

~ oleh sdn2cangkoakdukupuntang pada Maret 18, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: