Penghijauan dan Manfaatnya

Penghijauan adalah upaya pemulihan, pemeliharaan dan peningkatan kondisi lahan agar lingkungan memiliki kondisi alam yang baik sehingga nyaman untuk penghuninya. Berarti penghijauan tidak hanya terbatas pada penanaman pohon saja, tetapi juga termasuk menjaga kebersihan, pengaturan air, perlindungan lingkungan dari kerusakan, dan sebagainya.

Seorang pramuka seharusnya merasa tidak nyaman jika menjumpai apalagi beraktifitas di lingkungan yang gersang dan tidak hijau. Ia semestinya merasa perlu bergerak untuk merubah lingkungan tersebut. Minimal, ia tidak ikut-ikutan merusak lingkungan di sekitarnya. Sebelum saya bahas lebih lanjut, sebaiknya kamu mengetahui beberapa manfaat penghijauan:

  1. Sebagai paru-paru lingkungan. Kamu pasti sudah tahu sejak SD bahwa ketika siang hari daun-daun menyerap karbon dioksida (CO2) dan menghasilkan oksigen (O2) yang kita butuhkan untuk bernafas.
  2. Manfaat klimatologis, yakni sebagai pengatur lingkungan (mikro). Maksudnya, jika sebuah lingkungan memiliki cukup pepohonan maka hawanya lebih terasa sejuk meskipun di siang hari.
  3. Manambah estetis atau keindahan. Beberapa jenis tanaman jika diatur dengan baik penempatannya, akan bisa menjadi penghias lingkungannya.
  4. Manfaat orologis, yakni akar pohon yang kuat mampu mencegah erosi atau pengikisan tanah.
  5. Manfaat edaphis, yakni lingkungan yang hijau bisa menjadi habitat yang baik bagi beberapa jenis hewan.
  6. Manfaat hidrologis, yakni akar-akar pohon akan mampu menyerap dan menampung air sehingga bisa mencegah lingkungan dari banjir sekaligus menjaga lingkungan tetap memiliki air tanah yang cukup.
  7. Manfaat ekologis, jika lingkungan hijau, maka kualitas ekologi lingkungan tersebut akan terjaga dan meningkat.
  8. Manfaat protektif, beberapa jenis pohon bisa melindungi kita dari teriknya sinar matahari.
  9. Manfaat edukatif, beberapa jenis pohon bisa menjadi laboratorium hidup.

Beberapa contoh kegiatan kepramukaan yang berkaitan dengan kemanfaatn dari penghijauan antara lain:

  • Kerja bakti sebagai bentuk nyata langkah penghijauan. Bisa kamu lakukan sebagai program rutin bulanan di lingkungan sekolah/ pangkalan gudepmu.
  • Mengkampanyekan penghijauan dengan media majalah dinding, sticker, spanduk dan sebagainya. Kegiatan ini bisa menjadi media belajar dan media ekspresi bagi pramuka penggalang yang berbakat di bidang desain gambar.
  • Jika pangkalan gudepmu hanya memiliki sedikit lahan yang bisa ditanami, kamu dan kawan-kawanmu bisa belajar metode menanam vertikultur atau hidroponik (menanam dengan media pot dan selain tanah).
  • Membuat peraturan yang merangsang penghijauan. Misalnya sistem sanksi bagi yang terlambat latihan didenda menanam satu tanaman atau menyumbangkan pot untuk menanam bunga.

Selain hal di atas,Admin ingin menambahkan sebuah inofasi dalam saraana penghijauan di sekolah tentunya,banyak hal yang bisa dilakukan oleh pendidik agar sekolah yng kita tempati nyaman dan asri tentunya,kita lakukan sebuah rangsangan terhadap anak agar mereka cinta terhadap lingkungannya sendiri dengan cara menjadikan lingkungan sebagai media untuk belajar dan berinteraksi,merasa memiliki pun di tanamkan pada diri anak agar anak mau menjaga lingkungan sekitar mereka dan akan terciptanya sebuah hubungan harmonis antara alam dan kita.tugaskan kepada anak didik untuk melakukan sebuah penanaman berkala ketika tumbuhan atau pohon sudah mulai mengurang,tugaskan kepada anak untuk menjaga tanaman dsekitar dengan membentuk skelompok piket yang setiap harinya bertugas untuk merawat tanaman tersebut.

~ oleh sdn2cangkoakdukupuntang pada April 10, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: