Pentingnya pendidikan untuk anak

Sebagaimana yang diungkapkan Daoed Joesoef tentang pentingnya pendidikan : “Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia” Dan tentulah dari pernyataan tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan.

 Menjadi bangsa yang maju tentu merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh setiap negara di dunia. Sudah menjadi suatu rahasia umum bahwa maju atau tidaknya suatu negara di pengaruhi oleh faktor pendidikan. Begitu pentingnya pendidikan, sehingga suatu bangsa dapat diukur apakah bangsa itu maju atau mundur, karna seperti yang kita ketahui bahwa suatu Pendidikan tentunya akan mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas baik dari segi spritual, intelegensi dan skill dan pendidikan merupakan proses mencetak generasi penerus bangsa. Apabila output dari proses pendidikan ini gagal maka sulit dibayangkan bagaimana dapat mencapai kemajuan.

Bagi suatu bangsa yang ingin maju, pendidik harus dipandang sebagai sebuah kebutuhan sama halnya dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Maka tentunya peningkatan mutu pendidikan juga berpengaruh terhadap perkembangan suatu bangsa. Kita ambil contoh Amerika, mereka takkan bisa jadi seperti sekarang ini apabila –maaf– pendidikan mereka setarap dengan kita. Lalu bagaimana dengan Jepang? si ahli Teknologi itu? Jepang sangat menghargai Pendidikan, mereka rela mengeluarkan dana yang sangat besar hanya untuk pendidikan bukan untuk kampanye atau hal lain tentang kedudukan seperti yang–maaf– Indonesia lakukan. Tak ubahnya negara lain, seperti Malaysia dan Singapura yang menjadi negara tetangga kita.

Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan

Mungkin sedikit demi sedikit Indonesia juga sadar akan pentingnya pendidikan. Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei menitikberatkan atau mengambil tema pendidikan karakter untuk membangun peradaban bangsa dan seperti yang diberitakan bahwa Kementrian Pendidikan Nasional telah menyediakan infrastruktur terkait akses informasi bekerja sama dengan MNC Group, melalui TV berbayarnya, Indovision menyiarkan siaran televisi untuk pendidikan.Dan juga penyediaan taman bacaan di pusat perbelanjaan. Namun apakah pendidikan karakter ini bisa mengubah masalah-masalah yang sering kita hadapi dalam dunia pendidikan?

Didalam UU No.20/2003 tentang sistem pendidikan Nasional, tercantum pengertian pendidikan: “pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya sehingga memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat, bangsa dan negara” Namun satu pertanyaan, sudahkah pendidikan kita seperti yang tercantum dalam UU tersebut?

Dari pertanyan di atas kita dapat memberikan sebuah masukan untuk dunia pendidikan di Indonesia khususnya bahwasannya mencetak generasi penerus yang berpotensi,kreatif dan unggul itu memang tidak mudah,tetapi kami selaku pengajar di SDN 2 Cangkoak Kec.Dukupuntang Kab.Cirebon ini senantiasa selalu melakukan sebuah revolusi dalam proses pembelajaran,seni kreasi senantiasa diterapkan dalm proses pembelajaran,tidak hanya itu saja kami pun senantiasa mengajarkan kepada anak didik kami sebuah sifat disiplin dan bertanggung jawab terhadap apa yang ditugaskan kepada mereka,sebagai pembekalan dasar untuk anak agar kedepan anak tersebut bisasenantiasa menjadi pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab.

Pendidikan memang sebagai poros awal dalam sebuah negara,majunya sebuah begara itu bisa diukur dari tingkat pendidikan di negara tersebut.Indonesia perlu bebenah,Indonesia negara besar,Indonesia bisa maju dengan syarat perbaiki dunia pendidikan kita ini.Majunya Indonesia karena Guru.Majunya indonesia karena orang orang yang mau memajukan Indonesia tanpa pamrih dan majunya pendidikan Indonesia itu karena adanya campur tangan dari guru guru kita.

Penciptaan karakter anak juga penting dalam sebuah syarat untuk memajukan Indonesia di mata dunia.Jadi pendidikan berkarakter penting buat generasi generasi yang akan datang agar indonesia tidak semakin terpuruk,khususnya di dunia pendidikan nya.

Artikel ini dibuat hanya sebagai bahan referensi kita,agar kita mau dan mampu memajukan Indonesia khususnya di dunia pendidikannya.

Posting By Eko Agustian

08.51

~ oleh sdn2cangkoakdukupuntang pada April 10, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: